Pemkab Labuhanbatu Gelar Rapat Persiapan Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2023

Labuhanbatu,

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Hasan Heri Rambe menghadiri Rapat Persiapan Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) tingkat Nasional Tahun 2023 di Ruang Rapat Bupati Labuhanbatu, Selasa (2/5/2023).

 

Dalam kesempatan ini sekda mengatakan untuk merangkum dulu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk penilaian Lomba Kampung KB dan untuk mencari tahu apa saja penilaian-penilaiannya, dan untuk membuat tabel sasaran dan kegiatan.“Buat rencana kegiatan kampung KB dalam bentuk tabel, isinya kegiatan, ada sasarannya ada waktunya ada, untuk mengejar waktu penilaian,” jelasnya.

Sekda menambahkan semua kepala OPD ini harus betul-betul saling bekerja untuk mencapai juara 1 nasional. Dirinya yakin, kalau Pemkab Labuhanbatu bekerja bersama-sama pada saat wawancara penilaian bisa baik.Sementara itu, Ketua Pokja Pengembangan Kampung KB sekaligus Kepala Bappeda Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti dalam paparannya mengatakan bahwa Kampung KB merupakan salah satu bentuk model miniatur pelaksanaan program Bangga Kencana yang bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, mitra kerja, stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.“Kampung Keluarga Berkualitas menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program Bangga Kencana dengan sektor pembangunan lainnya melalui intervensi program dari Lintas Sektor,” ucapnya.

Adapun desa yang ditetapkan sebagai Kampung KB Tahun 2023 adalah Desa Pondok Batu, Kecamatan Bilah Hulu, untuk mewakili Sumatera Utara.

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Labuhanbatu Mahrani, SKM., MKM mengatakan bahwa pada tahun 2018 Desa Pondok Batu sudah meraih kampung KB terbaik untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara dan pada tahun 2023 desa Pondok Batu kembali lagi ditetapkan menjadi kampung KB terbaik tingkat provinsi dan akan mewakili Provinsi Sumut untuk kampung KB tingkat Nasional.

Penilaian kampung KB selanjutnya akan dilaksanakan tahap wawancara pada tanggal 4 Mei 2023 secara daring, dan penilaian atau verifikasi lapangan dilaksanakan pada minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-4 Mei 2023.“Untuk mendukung penilaian Kampung KB kami mohon peran pemerintah daerah melalui OPD yang hadir untuk dapat membantu dalam pembinaan di Kampung KB dan memfasilitasi pembangunan dalam pengembangan Kampung KB,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai rencana pengembangan Kampung KB dan sesi diskusi.

Turut Hadir dalam Rapat ini, Asisten I Pemerintahan Drs. H. Sarimpunan Ritonga M.Pd, Para Kepala OPD dan Perwakilan OPD, Perwakilan Dharma Wanita Persatuan Labuhanbatu, Perwakilan TP PKK Labuhanbatu, Staf di Bidang Terkait dan Hadirin Peserta Rapat Lainnya.